Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan

SID didukung oleh IOM melalui proyek ASPIRE menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi para Pekerja Migran Indonesia Purna dan kaum perempuan di desa Marokota, Sumba Barat Daya dan desa Tebara, Sumba Barat.

Selama lima hari peserta dibimbing terkait pengenalan dasar wirausaha dan perencanaan usaha model canvas. Pendalaman perhitungan Harga Pokok Penjualan dan proyeksi Laba Rugi usaha juga menjadi hal penting yang dibahas bersama.

 

Pelatihan tersebut ditujukan untuk membantu pada PMI purna dan juga kaum perempuan untuk lebih optimal dalam mengembangkan usaha yang selama ini telah mereka lakukan. Termasuk mendorong agar mereka untuk bekerjasama dalam kelompok agar mereka dapat saling mendukung dan bekerjasama mengembangkan usaha. SID memotifasi mereka agar para peserta senantiasa mengedepankan semangat kolaborasi dalam berwirausaha sehingga dengan demikian kekuatan yang lebih besar berbasis komunitas dapat dibangun untuk jangka waktu yang lebih panjang.

 

Dari proses tersebut peserta pelatihan juga mampu memetakan potensi usaha yang akan mereka kembangkan di dua desa tersebut antara lain, pengembangan usaha Tortila, Virgin coconut oil, tenun, anyaman, kerajinan tangan, dan kuliner. Usaha-usaha ini sangat erat hubungannya dengan aktifitas pariwisata yang menjadi pasar potensial bagi kelompok untuk memasarkan produk mereka.

 

 

 

Share
comments
comments
Dikembangkan oleh Taman Komputer