RUMAH KREATIF ANAK SABANA

SID memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan bagi anak-anak usia 6-14 tahun yang dipusatkan dalam wadah Rumah Kreatif Anak Sabana (RKAS). Kegiatan ini dikembangkan di 18 desa (10 desa di Sumba Timur dan 8 desa di SBD). Nama Rumah Kreatif Anak Sabana dipilih karena sesuai dengan karakteristik Sumba yang identik dengan padang rumput yang luas tempat anak-anak bermain dan menggembalakan ternak.

Setiap RKAS telah memiliki fasilitator terlatih sebagai pembimbing kegiatan yang diperlengkapi dengan modul Pendidikan Kecakapan Hidup dan Literasi Keuangan (PKHLK) sebagai panduan penyelenggaraan kegiatan bersama anak-anak. Dalam RKAS ini anak-anak belajar tentang sumberdaya dan pemanfaatannya, pengelolaan keuangan, membedakan keinginan dan kebutuhan, pengurangan risiko bencana, dan banyak pengetahuan umum lainnya yang dapat mereka pelajari untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan.

Rumah Kreatif Anak Sabana melaksanakan kegiatan satu sampai dua kali seminggu bertempat di kantor desa, sekolah atau rumah warga sesuai dengan ketersediaan tempat dan lokasi yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Kegiatan pengembangan anak ini mendapatkan support teknis dan dana stimulan dari ChildFund International sebagai bagian dari komitmen untuk dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam program pengembangan kecakapan hidup anak.an dan ketrampilan sejak usia dini.

Share
comments
comments
Dikembangkan oleh Taman Komputer