Perahu menyebrangkan mereka ke masa depan

Waingapu, 05/02/2016, bertempat dikantor desa Kiritana, kecamatan Kambera, kabupaten Sumba Timur, telah dilakukan serah terima (Handover) bantuan hibah Perahu Penyebrangan untuk membantu anak-anak yang berada didesa tersebut, khususnya yang tinggal di dusun Laihidding. Jumlah perahu yang diberikan sebanyak 3 (tiga) unit terbuat dari serat fiber merupakan batuan dari ChildFund Korea yang disalurkan melalui LSM Lokal Sumba integrated Development.

Serah terima ini dihadiri oleh Manager ChildFund Eastern Zone, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Timur, Pimpinan SID, Pemerintah Desa Kiritana dan para tokoh masyarakat desa, termasuk anak-anak. 

Dalam sambutannya, Pimpinan SID Anto Kila mengatakan, bahwa bantuan tersebut merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi kerentanan yang dihadapi oleh anak-anak didesa Kiritana, khususnya karena mereka harus berhadapan dengan medan yang cukup sulit untuk menempuh pendidikan dengan taruhan keselamatan jiwa dan materi. Bantuan ini sendiri merupakan sebuah proses menarik, dimana informasi terkait kesulitan dari anak-anak yang sehari-hari harus menyebrangi sungai, dengan berjalan kaki, berpakaian atau membuka pakaian, dan pada musim hujan jika terjadi banjir, anak-anak terpaksa tidak dapat mengikuti proses belajar, menunggu permukaan air surut kemudian baru mereka bisa pergi kesekolah lagi, adalah didapatkan dari informasi dimedia sosial yang dipublikasikan oleh beberapa rekan Jurnalis. Informasi ini yang kemudian dijadikan sebagai data awal pembuatan proposal untuk menggalang bantuan bagi anak-anak disana. Beberapa waktu kemudian setelah team, baik dari Kantor ChildFund Jakarta, maupun Staff dari Kantor ChildFund Korea datang berkunjung dan melihat sendiri kesulitan tersebut, ikut berdiskusi dengan anak- anak dan masyarakat setempat, diputuskanlah untuk memberikan bantuan perahu penyebragan ini untuk mereka. 

Senada dengan Pimpinan SID, Chandra Dethan, selaku Manager ChildFund EZ menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian ChildFund terhadap masa depan anak-anak di Indonesia khususnya diwilayah Sumba Timur, mereka harus menikmati haknya untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Bantuan perahu ini diharapkan dapat memotifasi dan meningkatkan semangat anak-anak untuk sekolah dan juga pastinya akan dapat membantu aktifitas keseharian masyarakat didesa tersebut. Kepala Dina Sosial Ir. Pura Tanya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada ChildFund yang sudah memperhatikan kesulitan anak-anak dan masyarakat didesa Kiritana serta memberikan bantuan Perahu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya anak-anak didesa tersebut. Bantuan Perahu ini nantinya akan diprioritaskan untuk menyebrangkan anak-anak, ibu hamil dan tenaga medis untuk melakukan pelayanan, demikian penegasan dari Kepala Desa Kiritana  Jhonson D. Tola.

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk keberpihakan orang dewasa bagi kepentingan terbaik anak-anak. Selain akan membantu menyeberangkan mereka dari sisi sungai ke sisi lainnya, lebih daripada itu perahu ini juga diharapkan akan membawa anak-anak menyeberang untuk meraih masa depan yang lebih cerah. vian/sid

 

Share
comments
comments
Dikembangkan oleh Taman Komputer