Bantuan Bagi Korban Angin Puting Beliung

Tanggal 20 Februari 2015, sekitar pukul 14:00 WITA, Daratan Sumba, khususnya Sumba Timur diterjang angin puting beliung yang disertai hujan ringan. Akibat dari terjangan angin puting beliung ini, telah menimbulkan kerusakan aset dibeberapa lokasi, seperti rusaknya rumah, sekolah, jaringan listrik, dan lain-lain.

Dari laporan masyarakat yang masuk setelah kejadian angin puting beliung tersebut, diketahui untuk sementara ada beberapa pohon tumbang yang mengakibatkan jaringan listrik terganggu, atap sebuah sekolah/PAUD yang terbawa angin, serta dua buah rumah penduduk yang juga ikut rusak parah pada bagian atapnya.

Dua rumah yang rusak parah berada di Desa Wanga, Kecamatan Umalulu, kabupaten Sumba Timur, diantaranya rumah milik keluarga Jimmy Hapu Mbay, berlokasi di RT 04/RW 03, Dusun Sabu Manis, Desa Wanga berukuran 6m x 4m. Kerusakan meliputi sebahagian atap rumah berupa kayu dan seng rusak berat tidak dapat digunakan. Walaupun tidak terdapat korban luka dan korban jiwa, tetapi untuk sementara keluarga Jimmy menumpang dirumah keluarga mereka.

Senasib dengan rumah Jimmy, rumah milik keluarga Martinus Ngutu Laki Banju, yang berlokasi di RT 07/RW 04 Dusun Humba Hammu, Juga di porak-porandakan oleh angin kencang tersebut, kondisi rumah martinus lebih parah, karena seluruh atap rumahnya rusak terbawa angin sejauh kurang lebih 10 meter dari rumah. Dilaporkan tidak ada korban jiwa, dan untuk sementara keluarga menggunakan teras rumah mereka sebagai tempat bernaung. Pemerintah desa setempat sudah mendata dan melaporkan kepada pihak terkait untuk mendapatkan bantuan.

SID-Mitra ChildFund di Sumba juga langsung melakukan pengambilan data dan informasi sehari pasca kejadian, dan bersama warga langsung mendata kerugian dan mendiskusikan rencana perbaikan kerusakan yang terjadi. SID juga langsung memberikan bantuan berupa bahan bangunan, seperti seng, paku dan biaya untuk pemotongan bahan bangunan dan lain-lain yang dibutuhkan oleh keluarga. Saat ini keluarga dan masyarakat sementara memperbaiki kembali rumah mereka dan juga atap gedung PAUD yang rusak tersebut, sambil menanti bantuan dari pemerintah atau pihak lain yang peduli. va/sid

Share
comments
comments
Dikembangkan oleh Taman Komputer