BANTUAN SEPEDA DAYUNG UNTUK ANAK-ANAK DIDESA PRAIKARANG – KEC. NGGAHA ORI ANGU

Jum’at 19 Desember 2014, Cuaca di kantor kecamatan Nggaha Ori Angu cerah, secerah wajah anak-anak yang hari itu akan menerima sepeda dayung. Dibulan Desember ini mereka memang benar-benar mendapatkan sukacita  luar biasa yang  tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. hari itu, 130 anak dari desa Praikarang mendapatkan bantuan sepeda masing-masing 1 unit, yang disalurkan oleh Lembaga Sumba Integrated Development (SID) merupakan donasi dari ChildFund Korea.

Bantuan ini dikemas dalam program yang diberi nama “Push Bike for the Future”.  Jika dilihat dari nama program tersebut maka didalamnya terkandung makna bahwa lewat bantuan sepeda dayung ini, anak-anak diberi motifasi dan harapan yang lebih baik, terutama untuk menjawab kesulitan yang selama ini selalu mereka hadapi, misalnya yang terkait dengan jauhnya jarak yang harus mereka tempuh untuk mengakses sekolah mereka, dimana rata-rata berjarak diatas 3 KM bahkan ada yang mencapai lebih dari 5 KM. Selama ini untuk menjangkau sekolah biasanya mereka mengharapkan kemurahan hati pemilik kendaraan yang lewat atau hanya berjalan kaki pulang pergi, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Selain tantangan tersebut, anak-anak ini juga diperhadapkan dengan kesulitan yang telah turun temurun dirasakan, yaitu kesulitan untuk memperoleh air bersih yang jaraknya sangat jauh, terutama pada musim kemarau, sehingga mereka harus berjalan jauh untuk mendapatkan air bersih bagi kebutuhan sehari-hari.

Irmawati, salah satu penerima bantuan sepeda ini menuliskan dalam suratnya yang dikirim ke Donatur yang dibacakan pada acara penyerahan bantuan sepeda ini bahwa, ia dan kawan-kawannya sangat senang menerima bantuan sepeda ini, dan ia benar-benar tidak menyangka bahwa anak-anak didesanya akan memperoleh bantuan sepeda sebanyak ini, ia mewakili teman-temannya mengatakan bahwa sepeda tersebut akan sangat membantu mereka untuk pergi kesekolah, mengambil air, dan melakukan aktifitas lainnya.

Rudy Sukamto, mewakili Direktur ChildFund Indonesia, mengatakan bahwa bantuan sepeda ini berasal dari ChildFund Korea yang diberikan dengan tujuan untuk memudahkan anak-anak untuk menjangkau sekolah dan melakukan aktifitas keseharian mereka yang selama ini sulit dilakukan karena terkendala alat transportasi, Push Bike for Future mengandung arti bahwa dengan sepeda ini anak-anak diharapkan akan lebih dimudahkan untuk meraih impian mereka. Hal senada juga disampaikan oleh Chandra Dethan – Manager ChildFund Eastern Zone, bahwa dengan bantuan sepeda ini anak-anak harus lebih giat belajar sehinga prestasinya semakin meningkat, waktu tempuh dari rumah kesekolah dan sebaliknya sudah lebih singkat sehingga waktu tersebut bisa digunakan untuk belajar dan melakukan aktifitas lain yang bermanfaat, ChildFund sebagai Lembaga yang peduli pada kesejahteraan anak, akan terus melakukan upaya-upaya terbaik untuk memastikan bahwa hak-hak anak terpenuhi.

Mewakili Bupati Sumba Timur yang berhalangan hadir, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Sumba Timur menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah berterimakasih atas bantuan ini, karena sangat menunjang pencapaian program pemerintah terutama dibidang pendidikan, bantuan seperti ini tidak pernah terpikirkan, tetapi sangat baik untuk menjawab kebutuhan anak-anak terutama yang terkait dengan pendidikan mereka. Beliau  juga berpesan agar sepeda yang diterima benar-benar digunakan untuk hal yang positif, tidak dipakai untuk hal-hal yang dapat mendatangkan kerugian baik bagi diri sendiri maupun orang lain. 

Share
comments
comments
Dikembangkan oleh Taman Komputer